Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER


TUGAS KKPI

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER



Berdasarkan  Jangkauan Wilayahnya :
  1.  Jaringan Komputer Pribadi (Personal Area Network /  PAN)
Hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh.
Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan.
Contohnya menghubungkan hp dengan komputer.




  1.  Jaringan Komputer Lokal ( Local Area Network / LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan kabel pasangan, serat optik, kabel telepon, dan cahaya inframerah,  serta isyarat radio.
Karakteristik LAN
o   Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
o   Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
o   Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Keuntungan
o   Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional
o   Lebih irit dalam penggunaan kabel
o  Transfer data antar node dan komputer lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal
o   Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian
o  Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit
o   Area cakupan transfer data tidak begitu luas.




  1.  Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network MAN)
MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.
Keuntungan
o  Cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien
o   Mempermudah dalam hal berbisnis dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
Kerugian
o   Lebih banyak menggunakan biaya operasional
o   Untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.



  1.  Jaringan Komputer Skala Luas ( Wide Area Network WAN)
Wide Area Network (Jaringan Area Luas) merupakan jarigan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu  jaringan computer atar wilayah, kota, atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area local yang satu dengan jaringan local yang lain, sehingga pengguna atau computer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan penggua dan computer di lokasi lain.   
Salah satu contoh WAN adalah Internet
KEUNTUNGAN
Keuntungan dari jenis jaringan WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.
KERUGIAN
Kerugian dari jenis jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.



  1.  Internet
Internet (interconnection networking) adalah sebuah jaringan computer yang saling terhubung menggunaka standar system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.
Jaringan ini adalah yang paling powerfull dalam hal pertukaran data karena kecepatannya bisa sangat tinggi. Jaringan ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global yang meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.
Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.
KEUNTUNGAN
Keuntungan dari jenis jaringan Internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan
KERUGIAN
 Kerugian dari jenis jaringan Internet diantaranya adalah kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.

Berdasarkan Media Transmisi :

  1. Jaringan Berkabel
Hubungan antar komputer dalam jaringan menggunakan kabel. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar computer jaringan



  1. Jaringan Non Kabel (wireless)
Hubungan antar komputer dalam jaringan menggunakan gelombang radio atau Infrared.  






Dikutip dari berbagai sumber 




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih :3