Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sikap Positif Pelaksanaan Demokrasi

Sikap Positif terhadap Pelaksanaan Demokrasi dlm berbagai Kehidupan

Masyarakat yang demokratis adalah masyarakat yang mau mendengarkan masukan dan pendapat dari orang lain, menghargai perbedaan dalam masyarakat, serta menjunjung tinggi nilai musyawarah dan mufakat. Bangsa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan besar dengan jumlah penduduk lebih dari 210 juta. Bangsa Indonesia diwarnai perbedaan suku, agama, ras, dan golongan dengan berbagai permasalahan yang tinggi. Oleh karena itu, seorang pemimpin di Indonesia harus memiliki kemampuan dan kepribadian yang luar biasa.
                Adapun sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan, antara lain sebagai berikut :
a)      Kepercayaan bahwa pelaksanaan demokrasi politik, ekonomi, sosial budaya dapat membawa kehidupan bernegara yang lebih maju dan akan membawa kesejahteraan masyarakat. Kepercayaan bahwa pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bersama, akan membentuk pada diri kita suatu komitmen untuk memecahkan berbagai persoalan publik melalui cara-cara demokrasi dan berdasar nilai-nilai demokrasi.
b)      Mendukung dan meghargai berbagai pihak untuk melaksanakan demokrasi dalam berbagai kehidupan. Ini berarti setiap kegiatan untuk melaksanakan demokrasi dari siapapun tidak antipasti, tidak sinis, bahkan kalau perlu memberikan bantuan yang dibutuhkan seperti pemikiran, sarana, dll.  
c)      Memberikan iklim atau situasi dan kondisi yg mendukung dan mempermudah pelaksanaan nilai–nilai dan prinsip – prinsip demokrasi dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mewujudkan iklim ini, misalnya dg mengembangkan sikap dan perilaku demokratis dalam lingkungan kita masing-masing.
d)      Menolak berkembangnya sikap dan perilaku otoriter serta anarkis. Misalnya dengan mencegah tindakan memaksakan suatu pendaat kepada orang lain, mencegah tindakan main hakim sendiri.
e)      Mengembangkan sikap positif dan rasionalis dalam menyikapi setiap fenomena dan gejala yg berkembang di Indonesia, termasuk isu-isu yg berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
f)       Beriman
Manusia beriman adalah manusia yang memiliki kepercayaan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Keimanan seseorang diwujudkan dalam perilaku takwa. Masyarakat yang bertakwa akan merasa takut untuk melakukan kesalahan karena ia merasa yakin bahwa segala tindak tanduknya dicatat, dipantau, dan akan dimintai pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Keyakinan akan hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi jujur dan amanah.
g)      Berilmu
Tidak sama orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu. Masyarakat yang memiliki ilmu pengetahuan akan menentukan langkah dalam lingkungannya dengan kematangan ilmu dan akal pikirannya, bukan mengutamakan hawa nafsu. Keputusan yang dibuat dengan kelapangan ilmu akan menimbulkan kebaikan yang lebih besar bagi masyarakat.
h)      Bermoral
Masyarakat yang bermoral, artinya masyarakat tersebut memiliki sikap dan tingkah laku terpuji, tidak melakukan tindakan tercela yang dilarang norma agama, kesopanan, dan kesusilaan.
i)        Terampil
Keterampilan seseorang dapat terbentuk dengan  pendidikan dan pengalaman. Masyarakat yang terampil tidak akan cepat menyerah ketika menghadapi masalah, kreatif dalam membuat keputusan, dan menetapkan ide-ide baru. Masyarakat yang terampil harus mampu mengelola dan mengoptimalkan sumber daya yang ada.
Beberapa prinsip demokrasi yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat :
a.       Prinsip kesetaraan atau persamaan, dalam demokrasi setiap orang dan komponen yang ada harus merasa setara dan sama derajat dan martabatnya serta tidak ada yang merasa lebih dari yang lainnya.
b.      Prinsip keseimbangan antara hak dan kewajiban, artinya dalam kehidupan bersama selalu menjaga dan mengendalikan diri untuk tidak mementingkan dirinya sendiri.  
c.       Prinsip kebebasan yang  bertanggung jawab. Dalam mempergunakan kebebasan setiap orang hendaknya tetap berpegang pada norma-norma yang berlaku, berpikir, dan bertindak secara rasional dan berdasar hati nurani.  
d.      Prinsip kebebasan berserikat dan berkumpul. Setiap orang hendaknya mendukung setiap upaya yg dilakkan untuk mendirikan suatu perkumpulandengan berbagai kegiatan yg positif demi kepentingan bersama.  
e.      Prinsip kebebasan mengeluarkan pikiran dan pendapat. Setiap orang harusnya menyadari bahwa kita dibekali cipta, rasa, dan karsa yang sama sebagai makhluk Tuhan yg paling sempurna. Oleh karena itu, hendaknya sama-sama merasa dan berusaa untuk bersikap responsive terhadap berbagai pendapat dan tanggapan yg berkembang dlm masyarakat. Pemerintah hendaknya berupaya untuk menciptakan situasi yg kondusif bagi berkembangnya sikap kritis dan partisipatif dari berbagai kalangan masyarakat.  
f.        Prinsip kerja sama untuk kebaikan. Sebagaimana kodratnya manusia yg selalu ingin bersama, hendaknya setiap orang mengembangkan prinsip kerja sama dlm hal kebaikan, bukan dlm keburukan atau kejahatan, sehingga dapat menciptakan kehidupan bersama yang harmonis tanpa gejolak yg dapat menimbulkan perpecahan dlm masyarakat.
g.      Prinsip manfaat. Setiap orang dlm masyarakat hendaknya bersikap, berpikir, berperilaku tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri saja, tetapi juga memberikan dampaknya bagi kehidupan masyarakat.  
h.      Prinsip keadilan. Setiap orang hendaknya dapatmenempatkan setiap permasalahan sesuai pada tempatnya, membiasakan diri memecahkan masalah secara proporsional dan berani membela kebenaran dan keadilan.
i.         Prinsip keterbukaan pada perubahan. Tidak menutup diri pada perubahan, selalu mengikuti perkembangan dan perubahanyg ada dlm masyarakat sehingga mampu dan cepat tanggap terhadap keinginan dan segala pemikiran yg berkembang dlm masyarakat.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Blog27999 mengatakan...

Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

At least 160 thousand women and men are trying a easy and SECRET "liquid hack" to lose 2 lbs each night as they sleep.

It's effective and works all the time.

You can do it yourself by following these easy steps:

1) Go get a clear glass and fill it up half full

2) Proceed to follow this awesome HACK

you'll become 2 lbs thinner the very next day!

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih :3